Tugas
individu (III)
r pa
MANFAAT
INTEGRASI ICT DALAM LINGKUP PAUD
Sejumlah kegiatan pembelajaran yang
biasanya dilakukan melalui transparansi, slide, film atau videotape, kini sudah
dapat dilakukan melalui teknologi informasi yakni komputer. Bahkan pekerjaan
rumah dapat juga dikerjakan melalui teknologi informasi. Di samping berbagai
kemungkinan ini, pendidik dapat saja secara proaktif mencari kegiatan
pembelajaran lainnya yang dapat memanfaatkan keunggulan teknologi informasi.
Termasuk di dalamnya, latihan berpikir sistematik melalui pembuatan program
komputer seperti yang telah banyak dilakukan di sekolah sekarang ini.
Komputer kini tengah menjadi salah
satu media pembelajaran alternatif untuk anak usia dini. Hal ini dapat dilihat
dari kian marak dan berkembangnya software-software dengan program
tertentu dalam bentuk CD interaktif untuk membantu pembelajaran anak usia dini.
CD interaktif yang ditawarkan pun sangat beragam jenisnya mulai dari
pembelajaran umum hingga pembelajaran yang sifatnya islami. Mulai dari
pengenalan huruf alphabet, angka-angka, warna, bentuk geometri dan lain-lain.
Contoh dari CD islami yaitu pengenalan huruf hijaiyah, sholat, wudhu dan
lain-lain. Metode yang ditampilkan oleh CD interaktif pun bermacam-macam, ada
yang menggunakan metode bernyanyi, bercerita, permainan atau bahkan kombinasi
dari beberapa metode dan tentunya dikemas secara interaktif sehingga terdapat
keterlibatan terhadap diri anak.
Pembelajaran melalui CD interaktif
yang diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat menstimulasi beberapa
kecerdasan. Misalnya kecerdasan kognitif yaitu dengan bertambahnya pengetahuan
anak dan kemampuan anak dalam memahami sesuatu. Kecerdasan bahasa, yaitu dapat
dilihat dari bertambahnya kosa kata anak. Hal lain yang dapat dikembangkan dari
pembelajaran melalui komputer bagi anak adalah stimulasi bagi
perkembangan antara kordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan. Secara tidak
langsung pembelajaran melalui komputer juga menstimulasi bagi perkembangan
motorik halus anak khususnya daya rangsang pada anak agar anak dapat melatih
kemampuan berfikir untuk lebih kreatif, mengenal manfaat teknologi terutama
dalam penggunaan komputer.
Mengatasi keterbataasan ruang,
waktu dan daya indera dapat mendorong anak untuk belajar selain metode verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan
belaka). Anak dapat memepunyai bekal kesiapan yang pasti memasuki gerbang
perguruan tinggi. Pengetahuan yang di bedah dari setumpuk buku, masih yang
terlewat yang dapat di temukan dari bahan ajar lain yang berserakan di dunia
maya dalam bentuk kode-kode digital.
Belajar tatap muka dengan guru atau berdiskusi
dengan teman sebangku akan semakin terlengkapi
dengan pembelajaran menggunakan multi media yang bersifat statis atau interaktif.
Komputer dapat juga digunakan untuk mempermudah menunjukkan
pengetahuan, mengganti simulasi yang berbahaya,
memberi daya tarik yang lengkap menyentuh seluruh modalitas
manusia lewat desain multimedia.
Diantara manfaat yang dapat
diperoleh adalah penggunaan perangkat lunak pendidikan seperti program-program
pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya.
Tambahan pula, kini perangkat pendidikan ini kini juga diramu dengan unsur
hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, sehingga anak semakin suka.
Dalam kaitan ini, komputer dalam
proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak.
Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan,
sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi. Sisi baiknya, anak
dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar berkonsentrasi. Selain
memiliki manfaat, komputer juga menyimpan mudhorot.
Manfaat
komputer bagi anak usia dini adalah:
1.
Melatih
logika. Saat bermain game, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk
memenangkan permainan. Hal ini dapat melatih penggunaan logika, menganalisa,
dan memecahkan masalah yang sedang dihadapi
2.
Melatih
kemampuan spasial. Melalui game permainan, kemampuan spasial anak yang
berhubungan dengan kecerdasan gambar dan bervisualisasi akan terasah. Kemampuan
ini akan berpengaruh dengan kemampuan berhitung mereka. Selain itu, permainan
juga akan membantu penggunaan motorik halus anak. Para balita juga dapat
belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan
dengan komputer.
3.
Manfaat
dari perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca adalah anak akan merasa
tidak bosan dengan belajar membaca dari program tersebut karena media yang
diberikan berbeda dengan media tulis yang hanya memberikan gambar yang itu-itu
saja, program perangkat lunak ini memberikan gambar yang dapat bergerak dan
bersuara. Dengan begitu anak akan suka dan tertarik untuk belajar membaca.
Bagi anak yang belum lancar membaca, game konsol bisa jadi alat yang tepat untuk membantu belajar membaca. Seperti di ketahui ada beberapa game ada yang bersifat edukasi dan bisa membantu anak untuk belajar dengan cara yang lebih asyik. Selain itu, saat bermain anak juga diharuskan membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh game dan narator game. Maka, secara tak langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja secara signifikan.
Bagi anak yang belum lancar membaca, game konsol bisa jadi alat yang tepat untuk membantu belajar membaca. Seperti di ketahui ada beberapa game ada yang bersifat edukasi dan bisa membantu anak untuk belajar dengan cara yang lebih asyik. Selain itu, saat bermain anak juga diharuskan membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh game dan narator game. Maka, secara tak langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja secara signifikan.
4.
Stimulasi
otak. Dalam game permainan ada yang bisa membuat permainan sendiri sesuai
dengan yang diinginkannya. Hal tersebut bisa membantu stimulasi otak dan proses
berpikir untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari
pengembangan kreativitas mereka.
5. Mengembangkan imajinasi. Permainan bisa
membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan
imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian dalam film dan
diaplikasikan dalam dunia nyata (yang relevan dan postif).
6.
Penggunaan
bahasa Inggris. Salah satu game anak yang disukai adalah konsol dan game
online. Game ini banyak dibuat oleh perusahaan luar negeri yang mempergunakan
bahasa Inggris. Ada juga program permainan yang secara tidak langsung
memeberikan pendidikan bagi anak misalnya permainan farmer atau permainan tebak
– tebak kata bhs. Inggris. Permainan ini akan memberikan manfaat yang secara
tidak langsung pada anak bagaimana cari menanam, memberikan pupuk pada tanaman,
dan menjual hasil panen. Dan pada permainan tebak – tebak kata juga akan
menambah kosa kata bhs. Inggris pada anak.
7.
Secara
tidak langsung, anak yang sejak kecil dibiasakan menggunakan komputer sedang
dilatih suatu keterampilan yang amat penting bagi mereka saat mereka menginjak
dewasa dan masuk dalam dunia kerja.
8.
Selain
manfaat umum manfaat rohani juga bisa kita dapatkan dari teknologi computer ini
yaitu dengan memutarkan berbagai macam film tentang kisah – kisah rasul atau
atau memutarkan lagu – lagu islamiah. Jadi, anak tidak lagi terpapar dengan
sinetron TV yang sangat merusak karakter anak. Selain itu, ada juga tampilan
pengenalan huruf hijaiyah, sholat, wudhu dan lain-lain. Metode yang ditampilkan
ada yang menggunakan metode bernyanyi, bercerita, permainan atau bahkan
kombinasi dari beberapa metode dan tentunya dikemas secara interaktif sehingga
terdapat keterlibatan terhadap diri anak.
Pembelajaran
melalui program-program tadi yang diterapkan pada anak usia dini tentunya dapat
menstimulasi beberapa kecerdasan. Misalnya kecerdasan kognitif yaitu dengan
bertambahnya pengetahuan anak dan kemampuan anak dalam memahami sesuatu.
Kecerdasan bahasa, yaitu dapat dilihat dari bertambahnya kosa kata anak. Hal
lain yang dapat dikembangkan dari pembelajaran melalui komputer bagi anak
adalah stimulasi bagi perkembangan antara kordinasi mata dengan ketepatan gerak
tangan. Secara tidak langsung pembelajaran melalui komputer juga menstimulasi
bagi perkembangan motorik halus anak.
Keberadaan
teknologi komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau
negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari
pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara
sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif.sedangkan apabila komputer itu
digunakan secara bijaksana maka akan memberikan dampak positif yaitu membantu
pengembangan intelektual dan motorik anak.
postinganya sangat bermanfaat dan menambah pengethuan baru . . .
BalasHapus